Jumat, 18 Juni 2010

Warga Plajan Kibarkan Bendera Sepanjang 350 Meter

Banyak cara untuk memeriahkan hari ulang tahun, HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu diperingati pada setiap tanggal 17 Agustus. Di desa Plajan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara, warga memasang bendera merah putih sepanjang 350 meter dalam ranggka memeriahkan peringatan HUT RI ke 64 ini. Bendera panjang tersebut dipasang dipinggir jalan desa.

Berbagai kemeriahan selalu ada saat menjelang peringatan HUT RI yang dirayakan pada tanggal 17 Agustus. Hingar bingar warga mulai dari memasang bendera, umbul-umbul, dan pernak-pernik lain, selalu dilakukan di bulan Agustus ini. Bahkan hal yang aneh dan spektakulerpun dilakukan masyarakat untuk mengenang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 64 tahun silam.

Di desa Plajan kecamatan Pakis Aji kabupaten Jepara, bendera merah putih sepanjang 350 meter dan lebar empat meter dipasang mengelilingi jalan desa. Tak heran jika pemasangan bendera panjang itu kemudian menjadi tontonan anak-anak. Oleh warga, bendera panjang itu dikibarkan dengan tiang bambu mengelilingi jalan kampung.

Pemasangan bendera yang diyakini terpanjang itu, sebagai bentuk apresiasi generasi muda saat ini untuk mengenang proklamasi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

Dwi Haryanto, ketua pemuda desa tersebut mengatakan bahwa pembuatan bendera sepanjang 350 meter dan lebar 4 meter itu menghabiskan dana 4 juta untuk membeli kain, dan 6 ratus ribu untuk biaya penjahitan. Bendera panjang itu dibuat oleh dua orang penjahit selama hampir dua minggu.

Sementara itu. Petinggi Plajan, Marwoto mengatakan jika pemasangan bendera itu merupakan bagian dari antusias warga untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Bangsa ini. Dimasa saat ini, Marwoto berharap masyarakat tidak lupa dengan jerih payah para pahlawan yang telah susah payah memperjuangkan kemerdekaan Repulik Indonesia.

Peringatan HUT RI di setiap tahun ini juga diharapkan tidak hanya sekedar beramai-ramai, tetapi diharapkan warga menghayati makna kemerdekaan। Selain telah memasang bendera panjang tersebut, di desa Plajan juga akan memasang umbul-umbul setinggi 27 meter dan bendera merah putih dengan lebar empat meter.


Sumber berita: INFO POSKOTA JEPARA PRIMA POSKO

0 komentar:

Posting Komentar